7 Hal yang Sebaiknya Dibicarakan Saat Wawancara

Wawancara kerja merupakan bagian paling penting untuk menentukan apakah kamu akan diterima kerja di perusahaan tersebut atau tidak. Maka, pada kesempatan ini kamu dituntut untuk dapat menjual dirimu sendiri terhadap perusahaan tersebut.

Untuk itu, dibutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik agar pihak perusahaan semakin yakin untuk memilihmu menjadi karyawan mereka. Berikut tujuh hal yang sebaiknya kamu katakan saat proses wawancara dengan pihak perusahaan.

1. Saya akrab dengan perusahaan Anda


Pihak perusahaan tidak ingin membuang waktu dengan mewawancarai orang yang tidak serius ingin bekerja di perusahaan mereka. Cari tahu sebanyak mungkin tentang perusahaan tempatmu melamar agar kamu dapat menyesuaikan kemampuan yang kamu miliki dengan pekerjaan yang ditawarkan.

2. Saya fleksibel

Di era modern ini, perusahaan mencari karyawan yang memiliki kemampuan multi tasking dan mampu beradaptasi dengan cepat sehingga ketika dibutuhkan untuk menangani pekerjaan yang berada di luar bidangmu seharusnya. Beri penekanan pada pihak perusahaan bahwa kamu adalah orang yang memiliki kemampuan beradaptasi yang cepat serta mampu memberikan solusi ketika terjadi sebuah masalah.

3. Saya energik dan memiliki sikap positif

Perusahaan mencari calon karyawan yang dengan semangat dan antusiasme yang tinggi. Maka, selama wawancara tunjukkan bahwa kamu memiliki rasa antusiasme yang tinggi.

Selain itu, jangan memberikan komentar negatif mengenai perusahaan lama tempatmu bekerja sebelumnya. Hal ini akan menimbulkan anggapan bahwa kamu tidak dapat menjaga citra perusahaan tempatmu bekerja nantinya.

4. Saya memiliki banyak pengalaman

Ungkapkan pengalamanmu tentang pekerjaan sebelumnya atau sekadar pengalaman sewaktu magang bahkan berbagai seminar maupun sejumlah kursus atau pelatihan yang kamu ikuti. Semakin sesuai bidang pekerjaan lamamu dengan pekerjaan baru yang ditawarkan, pihak perusahaan akan semakin senang untuk memilihmu menjadi pegawainya.

5. Saya adalah pemain tim

Sebuah perusahaan terdiri dari sejumlah karyawan yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan perusahaan. Maka, menjadi bagian dari perusahaan tersebut tidak akan terlepas dari kerja sama tim dengan karyawan lainnya. Oleh karena itu, tunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang mampu bekerja sama dengan orang lain dalam sebuah tim.

6. Saya mau belajar

Tekankan pada pewawancara bahwa kamu bersedia belajar terhadap bidang yang kamu geluti bahkan di luar bidang tersebut sekalipun. Hal ini akan menjadi pertimbangan bagi pihak perusahaan agar tidak menjatuhkan pilihan terhadap orang yang salah. Bukannya mendatangkan aset justru malah menjadi beban.

7. Saya sangat termotivasi


Karyawan yang sangat termotivasi adalah karyawan yang produktif. Perusahaan akan mencari karyawan yang dapat mereka andalkan untuk dapat memajukan usaha mereka.

Selamat mencoba, semoga sukses!(rhs)

SUMBER : okezone[dot]com